SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANJARMASIN

Berita Terbaru!

Rabu, 12 Juni 2019

Pembukaan Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019

Hari Rabu tanggal 12 Juni 2019, bertempat di Aula Dermaga Banjar Raya dilaksanakan Pembukaan Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019. Pembukaan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin H. Fendie, S.Pd, M.Pd serta dihadiri semua Kepala Bidang yang ada di Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.
Untuk Ketua Panitia pada kegiatan ini adalah Kasi Penyuluh Keselamatan Umy Salamah, S.Sos melaporkan bahwa :

A.     Dasar Penyelenggaraan
1.      Surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor : AJ.904/1/6/DJPD/2019 tanggal 30 April 2019;
2.      Surat dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel Nomor : 551.2/713/AJ-Dishub tanggal 26 April 2019;
3.      DPA-SKPD Tahun Anggaran 2019 Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

B.     Maksud dan Tujuan
Ø  Maksud dilakukannya pendidikan dan penyuluhan kepada peserta Pemilihan Abdi Yasa Teladan ini adalah memberikan informasi dalam rangka menanamkan kesadaran dan pedoman / tata cara tentang perilaku berlalu lintas dijalan yang tertib, teratur dalam pelaksanaan tugas, tanggung jawab, hak / kewajiban, disiplin, sopan santun sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan norma-norma yang ada dimasyarakat Kota Banjarmasin.
Ø  Sedangkan Tujuan yang akan dicapai adalah para pengemudi peserta Pemilihan Abdi Yasa Teladan dapat meningkatkan profesionalisme sehingga dapat meningkatkan pula kompetensi dalam profesinya, serta mendorong peningkatan mutu pelayanan jasa angkutan, ketertiban, keamanan, keselamatan serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan.

C.     Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019 selama 2 (dua) hari dari tanggal 12 dan 13 Juni 2019 bertempat di Aula Dermaga Banjar Raya Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

D.    Materi dan Narasumber
Para Peserta Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019 diberikan materi yang berkaitan dengan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Untuk pembekalan materi akan disampaikan oleh Narasumber sebanyak 8 (delapan) orang, yang terdiri dari Satlantas Polresta Banjarmasin 1 (satu) orang, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin 1 (satu) orang, Jasa Raharja Banjarmasin 1 (satu) orang dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin sebanyak 5 (lima) orang.

E.     Peserta
Peserta Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019 diikuti sebanyak 40 (empat puluh) orang Awak Kendaraan Umum yang ada di Kota Banjarmasin.


F.     Penilaian
Panitia Pemilihan Abdi Yasa Teladan (AKUT) Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2019 melakukan penilaian terhadap peserta meliputi penilaian terhadap pengetahuan Bidang Lalu Lintas dan Keselamatan Angkutan Jalan, pengetahuan di Bidang Asuransi, Dinamika Kelompok serta Sikap dan Prilaku Peserta.

G.    Catatan
Seluruh peserta setelah selesai mengikuti kegiatan ini diberikan uang transport.
Peserta yang meraih Nilai Tertinggi 1, 2 dan 3 akan diberikan penghargaan berupa Piala, Piagam dan Uang Pembinaan. Untuk peserta yang meraih Nilai Tertinggi 1 dan 2 akan diikutsertakan pada Seleksi Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi Kalsel.