SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANJARMASIN

Berita Terbaru!

Senin, 04 Februari 2019

Pengarahan Klotok Wisata

Hari Senin, tanggal 04 Februari 2019, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin mengadakan pertemuan dengan para juragan dan motoris Klotok Wisata yang beroperasi di Siring Tendean. Pertemuan ini dilaksanakan di Rumah Anno Jalan Pierre Tendean.
Pertemuan ini langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin H. Fendie, S.Pd, M.Pd, Kepala Bidang Angkutan Kusmarini, SE, ME Kepala Bidang Keselamatan Naf’an, S.AP, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana H. Erwin Rifansyah, SE, Kepala Bidang Lalu Lintas H. Slamet Begjo, A.TD, MT, Pejabat Esselon IV yang terkait dan 88 Juragan / Motoris Klotok Wisata yang beroperasi di Siring Tendean. Akan tetapi pada pertemuan ini tidak terdapat perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang merupakan koordinator dari Klotok Wisata di Siring Tendean



 Pertemuan ini dilaksanakan agar para juragan maupun motoris klotok wisata yang beroperasi di Siring Tendean dapat merubah bentuk klotoknya menjadi klotok wisata kepunyaan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin (atap klotok dirubah hanya memakai terpal dan ada tempat duduknya) yang lebih mempunyai keselamatan yang baik buat masyarakat melakukan Susur Sungai dengan memakai Klotok Wisata.
Walaupun mendapatkan penolakan dari para juragan maupun motoris klotok yang hadir, maka diperolehlan 2 kesepakatan yaitu :
1.     Klotok Wisata tidak berubah, akan tetapi apabila ditemukannya masyarakat yang naik atau duduk diatas atap klotok, maka Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin akan menindak tegas dengan cara tidak memperbolehkan lagi klotok itu beroperasi di Siring Tendean.
2.     Klotok Wisata berubah sesuai dengan klotok wisata Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin diberi waktu 6 bulan. Maksudnya selama 6 bulan itu terdapat 5 atau 6 klotok yang sudah berubah, tidak mesti seluruhnya. Maka solusi yang ditawarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin agar para juragan maupun motoris klotok dapat membentuk koperasi mereka sendiri supaya bisa setiap bulannya terkumpul uang untuk merenovasi klotok bergiliran.





 Setelah pertemuan selesai, para juragan dan motoris klotok wisata melihat klotok wisata Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin yang menjadi contoh.